Aplikasi Catat Meter Terpusat

Aplikasi Catat Meter Terpusat, Mencatat Meteran Listrik PLN

Diposting pada

Aplikasi Catat Meter Terpusat – Listrik merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam hidup kita. Tanpa listrik, tentu kita tidak akan dapat menggunakan kecanggihan teknologi saat ini. Mau secanggih apapun alat atau barang elektronik, kalau tidak ada listrik ya tidak bekerja dong.

Listrik yang kita dapat dan nikmati saat ini adalah layanan dari perusahaan BUMN, yakni PLN. Kita harus membayar setiap kWh listrik yang kita gunakan setiap bulannya. Tapi tahukah Sobat bagaimana cara PLN mengetahui berapa listrik yang kita gunakan? Sehingga mereka bisa memberikan tagihan listrik yang akurat.

Aplikasi Catat Meter Terpusat

Setiap rumah yang menggunakan layanan listrik PLN, pasti ada Bargainser atau mungkin kalian lebih familiar dengan nama “Meteran Listrik”. Dari alat inilah petugas PLN bisa mengetahui berapa jumlah listrik yang digunakan oleh seorang pengguna.

Mungkin dulu kalian sering menemui petugas PLN yang berkeliling ke rumah-rumah dan memantau Meteran Listrik. Yap, itu adalah petugas PLN yang mencatat penggunaan listrik. Yang nantinya data ini akan dilaporkan ke kantor dan diolah menjadi tagihan untuk setiap pengguna layanan PLN.

Kalau dulu petugas melakukan pencatatan secara manual, dengan buku dan pulpen. Selain kurang efisien, cara konvensional ini berpotensi terjadi kesalahan pengumpulan data. Kalau salah tulis data, tentu pengguna yang akan rugi.

Nah, dengan semakin canggihnya teknologi, kini petugas PLN melakukan pencatatan data penggunaan listrik dengan bantuan alat. Yakni salah satunya dengan Aplikasi Catat Meter Terpusat.

Apa itu Aplikasi Catat Meter Terpusat?

Aplikasi Catat Meter Terpusat (ACMT) merupakan sebuah perangkat lunak (App) berbasis Android dan Web yang fungsinya untuk mencatat seluruh data pengguna dari Meteran Listrik.

Aplikasi ini membantu petugas PLN untuk mendata penggunaan listrik Pascabayar. Meskipun sekarang sudah ada layanan PLN Prabayar yang lebih praktis, tapi masih banyak pengguna yang masih lebih nyaman menggunakan sistem Pascabayar.

Dirumah kalian pakai yang mana nih, Sob? Kalau masih dapat tagihan dan bayar setiap bulannya, berarti kamu pakai PLN Pascabayar. Lebih mudah dan praktis pakai Prabayar loh, tinggal beli token listrik dan mengisinya di Meteran Listrik.

Apakah Semua Orang bisa Pakai Aplikasi Catat Meter Terpusat?

Tidak, hanya petugas PLN yang sudah memiliki akun khususlah yang bisa mengakses dan menggunakan Aplikasi ini.

Jadi, untuk Sobat yang mungkin baru jadi pegawai PLN dan bertugas untuk mencatat Meteran Listrik mungkin akan sangat bermanfaat menyimak artikel ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Catat Meter Terpusat

Tentu ketika jadi pegawai PLN, pasti akan mendapatkan pelatihan tertentu untuk bisa menjalankan tugasnya. Tapi mungkin ada Sobat petugas PLN yang belum paham. Berikut ini ReviewAplikasi akan menjelaskan mengenai Download dan Cara Menggunakan Aplikasi khusus petugas PLN ini.

Aplikasi ini tersedia di situs resmi ACMT PLN di https://portalapp.iconpln.co.id/acmt/. Untuk mendapatkannya, langsung saja akses situsnya ya.

Jika sudah memiliki masuk situsnya, tinggal ikuti langkah berikut:

  • Log in, dengan memasukkan username dan password akun kamu.
  • Setiap petugas PLN sudah memiliki akun.
  • Kemudian pilih “Masuk” atau “Log In”.
  • Selesai. Aplikasi akan langsung terunduh di HP kamu.

Ingat, lakukan langkah ini melalui HP smartphone Android kamu ya. Agar Aplikasi langsung terunduh di HP.

Setelah terunduh, Aplikasi bisa langsung digunakan untuk keperluan mencatat data pemakaian listrik pengguna. Tinggal memindai alias scan, maka akan muncul data pengguna. Petugas hanya perlu menginput data penggunaan dari Meteran Listrik.

Fungsi Aplikasi Catat Meter Terpusat

Aplikasi Catat Meter ini sudah terintregasi dengan database pusat PLN. Sehingga petugas dengan mudah menginput data melalui aplikasi.

Beberapa fungsi Aplikasi ini diantaranya:

  • Data master tentang kedudukan pelanggan.
  • Pembaca besaran meter penggunaan.
  • RBM setiap pelanggan.
  • Kaim atau koreksi yang diajukan pelanggan.
  • Urutan langkah koreksi RBM.
  • Penggunaan listrik yang tidak biasa/abnormal.
  • Rekapitulasi KWH pelanggan.
  • Rekapitulasi dari kode pesan yang digunakan pelanggan.
  • Pengontrolan baca meter oleh petugas.
  • Informasi biaya pelanggan setiap bulan dan tunggakan.

Dengan begitu, pekerjaan petugas akan jauh lebih mudah dan hasil tentu lebih akurat. Dibandingkan harus mencatat dibuku yang kurang efisien dan bisa terjadi kesalahan input data.

Akhir Kata

Nah, jadi itu dia ya Sobat penjelasan mengenai Aplikasi Catat Meter Terpusat. Tentu ini hanya untuk petugas PLN, sebagaimana fungsinya untuk mendata pelanggan.

Sebagai pengguna juga kita sebenarnya tidak membutuhkan Aplikasi ini. Mau lihat tagihan bulanan atau informasi pelanggan lainnya? Bisa langsung akses Aplikasi PLN Mobile.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *